Bugar Saat Berpuasa Olahraga Siapa Takut

Senang bisa jadi bagian dalam acara Mayapada Healtchare di awal bulan Ramadhan ini yang berlangsung pada hari Rabu, 31 Mei 2017 bertempat di Shangrila Hotel di Jakarta Pusat akan mengangkat tema mengenai Talksow dengan tema “Tips Berolahraga di Bulan Ramadhan”. Mengingat banyak masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim, pada saat ini sudah sangat peduli dengan pola gaya hidup sehat, ada beberapa tips olahraga dan istirahat yang baik selama menjalankan Ibadah Puasa.

Acara diawali dengan pembukaan oleh pihak Mayapada dan kata sambutan dari Bapak Jonathan Tahir, Pimpinan Mayapada Healtcare yang menjelaskan tentang visi dan misi dari Mayapada, yaitu membantu untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih sehat dengan memberikan jasa pelayanan kesehatan terbaik dan berkualitas tim tenaga kesehatan, peralatan dan dedikasi terbaik. Pihak Mayapada sadar dan juga memahami bahwa Kesehatan adalah faktor signifikan yang penting bagi semua orang.

Memiliki badan yang bugar dan sehat adalah kunci utama sehatnya jasmani seseorang, untuk bisa mencapai tubuh yang sehat dan bugar ini kita harus rutin melakukan olahraga. Sedangkan jiwa yang sehat akan kita dapat saat kita khusyuk beribadah. Di bulan Ramadhan ini kita umat muslim di wajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa, tetapi tidak lupa juga untuk berolahraga.

Dalam menjalankan olahraga selama bulan Ramadhan ini para muslim dan muslimah yang berpuasa harus kita pilih waktu dan jenisnya, agar kegiatan olahraga tidak mengganggu ibadah kita. Karena kalau salah pilih waktu atau jenis olahraga, bukan sehat dan bugar yang kita dapatkan, tetapi hanya lelah dan malah akan membatalkan puasa kita dan akan mengakibatkan sakit. Jadi sebaiknya kita melakukan olahraga menjelang saat berbuka puasa akan lebih maksimal hasilnya.

Acara talkshow dilanjutkan oleh pembicara Bapak Dr. Zaini K. Saragih Sp.KO dari Mayapada Sport and Wellnes Clini. Dr. Zaini menyampaikan beberapa fakta dari kebiasaan buruk masyarakat Indonesia yang pada saat menjalani puasa di bulan Ramadhan, yaitu kurang melakukan rutinitas dan melalukan aktifitas fisik, berolahraga di waktu yang kurang tepat, terlalu banyak makanan manis dan bersantan, kurang makan, pola tidur baik tidak sesuai dengan waktunya, pola makan yang buruk dan tidak teratur. Sedangkan tubuh juga sangat membutuhkan keseimbangan energi, dari asupan dan tenaga yang dikeluarkan oleh tubuh saat berpuasa. Bila tubuh kurang gerak, yang terjadi adalah adanya penumpuk kan kadar lemak yang berlebihan, dan apabila terlalu banyak beraktivitas di saat yang tidak tepat akan membuat tubuh menjadi dehidrasi dan akan sangat membahayakan kesehatan.

Ada beberapa tips dalam melakukan aktifitas olahraga di bulan Ramadhan ini dan menurut Bapak Dr. Zaini ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya adalah :                                 1.Saat berolahraga sebaiknya dilakukan diwaktu sore atau malam hari saat menjelang berbuka puasa lebih baik artinya ambil waktu 1-2 jam sebelum berbuka puasa, agar tubuh tidak terbebani dengan berkurangnya energi dan cairan tubuh, selain itu panas matahari sudah tidak terlalu menyengat. Atau pada waktu malam hari setelah sholat taraweh, itu juga jangan sampai kita lakukan olahraga berat, karena akan mengganggu kualitas tidur malam nantinya.               2.Kita dapat melakukan olahraga ringan atau yang memang tidak terlalu berat dan menguras tenaga seperti olahraga sepak bola, basket, tenis atau olah raga berat lainnya yang menyebabkan tubuh cepat kehilangan ion atau cairan. Maka sebaiknya lakukanlah olahraga ringan seperti Yoga atau olahraga yang bisa dilakukan di dalam ruangan.

Selain itu olahraga juga penting untuk menjaga kondisi tubuh kita dan jaga menjaga asupan makanan saat kita puasa, makanan makanan yang mengandung serat akan sangat dibutuh kan oleh tubuh, dan memperlambat rasa lapar serta mengurangi faktor lain seperyi penyebab diabetes akibat terlalu banyak konsumsi makanan manis pada saat kita berbuka puasa.

Maka sebaiknya saat bulan puasa maka kita sebaiknya tidur yang cukup dan akan mendapat hasil yang lebih baik dan berkualitas karena saat puasa kita memerlukan energi yang lebih dan asupan yang kita makan berkurang. Sebaiknya pada saat bangun sahur pada malam hari, dan ada baiknya kita tidak tidur lagi setelah sahur, karena bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti gangguan asam lambung, rentan terkena stroke, menyebabkan sakit kepala dan hilangnya semangat untuk bekerja atau melakukan aktivitas.

Untuk hasil tidur yang berkualitas kita melihat kondisi tubuh kita akan mudah mengalami “deep sleep” dimana saat ini gelombang otak kita dalam keadaan di posisi Delta dan Tetha, yaitu saat kita merasa nyaman saat kita tidur, otot-otot melemas dan saat terbangun kita akan lebih merasa segar, meski tidur kurang dari 8 jam. Maka mari kita biasakan hidup sehat, makan makanan bergizi dan penuh serat dan tetap berolahraga meski sedang berpuasa, jangan lupa jaga kualitas tidur agar semangat tetap terjaga. Karena di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat juga.

#BahagiaItuSederhana #Mayapada #MayapadaHealtCare #Sehat #Bugar #Kesehatan #ShangrilaHotel #Happy

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s