Mengupas Tuntas Masalah Mitos Dan Fakta Seputar Kehamilan

​Banyak larangan yang sering kita dengar ketika sedang   hamil    jangan   beginilah jangan   begitulah    banyak   aturan   juga banyak yang  dilanggar   sebenarnya   apa yang dilarang itu   adalah   sebuah   mitos atau   fakta.   Ada    banyak    mitos-mitos kehamilan   yang   sering    didengar   dan sangat beredar luas terutama dikalangan masyarakat      Indonesia.    Namun   pada kenyatannya          banyak        masyarakat Indonesia  yang    juga    mempercayainya sebagian sesuatu   aturan   yang   pantang untuk dilanggar   dan   harus   diterapkan dalam       kehidupan          dan      rutinitas masyarakat    Indonesia.    Masih   banyak kalangan masyarakat   awam    bertanya- tanya apakah   mitos   tersebut   memang benar bila ditelusuri dan  ditelaah   dalam dunia  kedokteran   atau   sekedar  aturan atau suatu kebiasaan  atau    kepercayaan yang memang   sudah   ada   dan  menjadi tradisi dikalangan masyarakat Indonesia.

Kamis, (24/02/2017) saat ini  kita   semua menghadiri sebuah diskusi   santai   yang diadalakan oleh Mayaoada Hospital yang diadakan diBranda Cafe   Jakarta   Selatan bekerjasama dengan    Obsat   yang   akan membahas     runtas     tentang    masalah mitos dan fakta seputar   kehamilan   dan kehadiran buah hati dari sepasang suami istri  dalam    sebuah    hubungan   rumah tangga. Acara  ini   sendiri   juga   dihadiri menghadirkan Dr.Yuslam   Edi   Fidianto, Sp.OG dokter  dari     Mayapada   Hospital dihadiri juga       nara   sumber   Kinaryosi (beliau sedang     hamil    juga    7    bulan) narasumber lainnya juga ada Kartika dari Turn Back Hoax  yang    juga memberikan sharing    informasi   tentang   bahayanya hoax seputar kesehatan   kehamilan   ada juga nara sumber lain Rahne  Putri   yang bercerita     seputar    berita     hoax   yang menjadi          pengalamannya         selama menjalani kehamilan.Serta para  teman-teman dari blogger dari (ISB)  Indonesian Social Blogpreneur.

Oleh sebab itu sangat penting   informasi seputar masalah mitos   dan   fakta   yang harus diketahui   bagi   para    bunda   dan calon ibu dimasa kehamilan   harus   juga banyak-banyak   mengetahui     dan   juga memahami informasi  mana   yang benar dan mana yang    salah     agar   informasi tersebut tidak jadi bumerang   dan   tidak salah digunakan selama masa kehamilan dan menjadi berbahaya pada   kehamilan calon ibu. Kata Dr.Yuslan “memang benar adanya sebagian mitos diseputar    masalah kehamilan    memang     ada     yang    sesuai dengan fakta yang memang  benar   adanya cuma mitos kembali lagi    bagaimana   cara kita     untuk     menyikapi     dan     meyakini masalah tersebut ya mitos itu memang  ada yang benar ada juga yamg   salah   tuturnya membuka diskusi malam ini.”

Ada banyak macam mitos dan fakta yang berkembang seputar masalah kehamilan pada malam diskusi ini ada beberapa hal yang akan dibahas diantaranya:   

 1. Mitos atau    fakta    apakah    benar  Air Kelapa Hijau akan   membuat    kulit   bayi akan lebih putih dan rambu   akan  hitam dan telab?.Kinaryosi berkata: “Pada    saat kehamilan  ke-2 nya     ini ia    sangat    suka mengkonsumsi      air       kelapa    hijau   dan kecang   hijau,     menurut    mitos    yang   di dengarnya agar jenis     rambut   anak   ke-2 nya akan   lebih    tebal     dan  lebih    hitam. Disamping itu ia   juga    berkeyakinan  agar kelak nantinya anak ke-2 nya    akan   tidak sering terkena flu.”  Bagaimana menyikapi penjelasan masalah sekitar mitos dan fakta ini selanjutnya.     

Menurut Dr.Yuslan Meminum air  kelapa hijau banyak mengandung zat   elektrolit boleh saja air kelapa hijau   ini   diminum oleh ibu yamg sedang hamil  akan   tetapi jangan  berlebihan    karena    kandungan kalium didalam air kelapa hijau ini   akan sangat    mudah    mempengaruhi    detak jantung dan dapat mengakibatkan  lemas faktanya dalam mitos seputar kehamilan soal air kelapa hijau ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan   pertumbuhan rambut maupun pada kulit bayi   didalam kandungan.Akan tetapu air kelapa   hijau ini tidak      akan    membuat    kulit    bayi menjadi putih   kerena   memang   warna kulit pada   bayi    memang   sangat   erat kaitannya     dengan    genetik   atau   gen bawaan dari orang tua sibayi. Jadi   boleh ibu hamil meminum    air    kelapa   hijau  akan tetapi maksimal     2-3 kali   dalam satu minggu setiap kali akan   meminum air kelapa hijau tersebut.

2. Mitos atau Fakta apakah benar minyak kelapa      siapa pun     yang sedang hamil pastinya   selalu    diberitahukan     untuk mengkonsumsi     minyak      kelapa   satu sendok makan setiap hari selama  hamil    agar    lancar    dalam melahirkan   nanti. Dr.Yuslam    berkata sebaiknya       minyak kelapa tersebut     dioleskan       pada     jalan lahir bayi  keluar saat   melahirkan    karena akan mempermudah    jalannya     kelahiran pada   ibu tersebut. Sedangkan    untuk    ibu hamil       memang     tidak       diperbolehkan memakan    makanan  yang     mengandung MSG   dan faktanya adalah    didalam    MSG apabila ibu    hamil    mengkonsumsi     MSG dalam    jumlah     berlebih      maka       akan mengganggu     saluran  cerna    dan     dapat terjadi     penumpukan    sehingga     memicu timbulnya kanker dan apabila     ibu    hamil mengkonsumsi MSG sesuai     dengan    yang dibutuhkan oleh    tubuh MSG tersebut akan membantu    pertumbuhan    nutrisi       pada otak bayi. Jadi    konsumsilah  MSG sesuai dengan kebutuhan      saat ibu  hamil dan jangan   berlebih    saat     mengkonsumsi MSG tersebut.

3. Mitos atau fakta    apakah    benar   kopi dan       mengkonsumsi     daging    kambing. Mengkinsumsi Kopi   boleh    dikonsumsi oleh   ibu  hamil. Sebenarnya   untuk      ibu hamil      bisa saja    mengkonsumsi    karena kandungan   kopi   dalam   kafeinnya    akan menyebabkan     gangguan         pada    masa kehamilan. Dr. Yuslam juga menjelaskan bahwa      pada ibu     hamil     dapat    juga mengkonsumsi kopi maksimal   300   mg perhari. Sedangkan     untuk    ibu   hamil justru sangat    dianjurkan    untuk   dapat memakan     daging        kambing    karena sebenarnya kandungan daging   kambing lebih baik daripada daging  sapi. Menurut Dr.Yusla  bahwa hasil  penelitian    Alabama Cooperative      Extension      System    (ACES) mengungkapkan      bahwa     saat          akan mengkonsumsi     daging        kambing      ini mempunyai     komplsisis   nilai    gizi    yang lebih tinggi dibandingkan    dengan   daging sapi,daging domba  dan juga   daging    babi dan daging ayam.Bahkan daging kambing juga  memilik  kadar kolestrol dan  lemak jenuh yang    lebih   rendah dibandingkan dengan    daging lainnya.Sehingga daging tersebut  alat   berfungsi    sebagai   suatu alternatif  asupan    daging    merah  yang baik.Daging kambing juga akan memiliki semua asam amino yang sangat   dibutuh kan oleh    tubuh   dan  memiliki tinggkat keasaman zat besi      sehingga    saat   ibu hamil tidak akan mudah terkena anemia.

Sedangkan   dalam    menanggapi   semua berita    kehamilan    yang    mengandung mitos    atau   hoax    sebaiknya   para   ibu hamil sebaiknya   berhenti   mencari   tau dan    bila   tidak    ingin    bertanya-tanya sebaiknya   mencari   tau    melalui   gogle berita yang  sudah    pasti   kebenarannya seputar  kehamilan    jelas   nara   sumber Kartika     Susanti.   Ada    baiknya   dalam mengambil   keputusan   sebaiknya   para ibu hamil  harus   teliti dan   jangan   asal percaya pada berita-berita yang   beredar walaupun berita tersebut datangnya dari dari orang terdekat  sekalipun   tanyakan lah kepada dokter atau  orang yang   ahli. Berita hoax seputar   kehamilan ada   tapi kadang dapat    perhatian   dan   sangat di kritisi sehinga   berita-berita    hoax     ter sebar menjadi rancu adanya.

Dalam     menyikapi    berita-berita   hoax dalam masa kehamilan para ibu,   ada 6 P (Rumusan Identifikasi Hoax)    yang   harus dipahami oleh    para   ibu    yang   sedang hamil diantaranya adalah:                           1. Perhatikan Hati,    sebaiknya   para     ibu hamil    harus        hati-hati      dan   selalu waspada   apabila    mendapatkan    pesan dan sebaiknya dibaca dan dipahami baik baik maksud dan dari isi pesan tersebut.   2. Putuskan Rantai, para ibu  hamil    yang mendapat pesan hoax    secara    berantai atau dikirimkan melalui     group   seperti What Up, BBM ataupun  sosmet    lainnya sebaiknya segera tanyakan pada   ahlinya dan bila memang pesan itu   tidak   benar sebaiknya segera   diputuskan   pesannya dan sebaiknya keluar dari group tersebut 3. Perhatikan Sumber,     sebaiknya      para ibu hamil juga  memperhatikan    asalnya berita atau     darimana    pesan    tersebut sebaiknya     mencari    tahu    kebenarnya pesan hoax dari berbagai sumber    berita yang lain. Bila berita  tersebut    memang ada ada dimedia yang    terpercaya    atau situs-situs rasmi tentang kehamilan.       4. Perikas Redaksi, Para ibu    hamil     yang telah membaca pesan atau berita yang  di sebarkan sebaiknya ikut   mengecek   apa kah pesan    hoex itu     merupakan     dari sumber yang terpercaya.                               5. Pakai Akal Sehat, berfikir   tenang     dan sebaiknya kembali periksa    pesan   hoax tersebut dan pikir pakai akal    sehat   dan jangan kembali ikut menyebarkan  berita hoax tersebut ke group atau ke sosmet. 6. Perhatikan Darimana  Info Yang diDapat bila ibu hamil  mendapatkan   pesan    itu dari group   ataupun   sosmet   serta   dari orang terdekat.   Perhatikan    bagaimana prilaku orang yang  menyebarkan   berita atau pesan tersebut.

Apabila memang ingin mengetahui lebih jelas lagi mengenai    berita-berita   hoax seputar kehamilan para ibu hamil   dapat bergabung    di    Forum   Facebook     Anti Fitnah, Hasut dan Hoax    (FAFHH)    atau Indonesia   Hoax     Buster     atau   email : aduankonten@gmail.kominfo.go.id

Pada akhir penutupan acara ini para nara sumber memberikan berbagai tips diantaranya dari para  narasumber:         1. Kinaryosih berkata:   “Para   ibu   hamil jangan stress    dan    hindari    fisik   yang kelelahan jika ingin hamil lagi,  hentikan membaca pesan atau berita-berita   hoax yang berasal dati sumber yang tidak jelas dan tidak bisa   dipertanggung   jawabkan kebenarannya.”                                               2. Rahne Putri   juga    ikut   menjelaskan: “bahwa poa hidup sehat itu sangat  perlu dan       penting     bagi   para   ibu   dimasa kehamilan dan jangan setres akan  pesan atau berita-berita hoax seputar   kehamil an agar nantinya   ibu dan bayinya   sehat sampai masa persalinan.”                           3. Dr.Yuslan Edi     Fidiantk    Sp. OG   juga menjelaskan:”Lebih baik  tanyakan   juga kepada ahlinya seperti para dokter    atau jika perlu saat  periksa    ibu   hamil   juga mencatat semua pertanyaan   agar   tidak lupa     dan    tidak    mengikuti   kemauan lingkungan yang berakibat stres.               4. Katrtika Susanti   juga   ikut    menjelas kan : “selama    masa   kehamilan   sebaik nya tetap aktif dan saling  mengingatkan dan jangan   terbawa   oleh    pesan    atau berita-berita Hoax.”

Demikian       acara        mengapa     tuntas masalah      mitos     dan       fakta     dalam kehamilan   sudah   berakhir.    Mari   kita sama-sama    saling   peduli    dan   saling mengingatkan   sesama   ibu   hamil   dan jangan mudah   terpengaruh   dan   stress selama kehamilan.

#OBSAT #MitosSeputarKehamilan #MitosAtauFakta #Mitos #Fakta #Hoax #BeritaSeputarKehamilan #Kehamilan #IbuHamil #AirKelapaHijau #IbuHamil #KacangHijau #MinyakKelapa #Baby #MayapadaHospital

Advertisements

4 thoughts on “Mengupas Tuntas Masalah Mitos Dan Fakta Seputar Kehamilan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s